Bisnis

Cara Bisnis Online Tanpa Modal Yang Potensial

Cara Bisnis Online Tanpa Modal Yang Potensial

Printnovembercalendar – Salah satu keuntungan membuka toko online adalah Anda hanya membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan saat membuka toko offline. Menariknya, Anda bahkan bisa membuka toko online tanpa modal apapun. Kamu tidak berpikir? Berikut 5 cara bisnis toko online tanpa modal yang bisa Anda coba.

1. Menjadi dropshipper

Pemula sering memilih menjadi reseller. Selain modal yang tidak terlalu penting, dengan menjadi reseller, Anda juga tidak perlu memproduksi produk yang Anda jual, melainkan membelinya dari supplier.

Namun, jika memang tidak memiliki modal, Anda bisa memulainya sebagai dropshipper. Berbeda dengan reseller, menjadi dropshipper tidak memerlukan modal apapun karena tidak perlu membeli produk apapun. Anda hanya perlu membuka toko online lengkap dengan media sosial untuk promosi.

Ketika seseorang membeli, Anda dapat meneruskan pesanan pembeli ke pemasok. Selanjutnya, pemasok akan mengirimkan pesanan. Jadi bagaimana Anda akan memanfaatkannya? Penghasilan diperoleh dari setiap pembelian yang berhasil. Jumlah keuntungan untuk setiap item ditentukan oleh vendor.

Misalnya, Anda menjual produk makeup. Menurut supplier, harga sebuah make up sekitar Rp 70.000 maka Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 75.000 Rp 80.000. Dengan cara ini Anda bisa mendapat untung Rp 10.000 per produk. Jika ada seratus pembeli, Anda akan mendapat untung Rp 1 juta. Ini bagus, kan? Untuk itu Anda harus belajar bagaimana cara menjadi dropshipper.

2. Membuka jasa titip barang

Selain sebagai dropshipper, Anda juga bisa membuka jasa kurir. Misalnya, Anda berniat pergi ke luar negeri, karena Anda dapat memberi tahu teman atau pelanggan Anda tentang rencana ini bahwa mereka dapat memesan produk tertentu yang hanya dijual di negara ini. Dan yang disebut jasa titipan kargo, sebenarnya pembeli atau pengakuisisi harus melakukan pembayaran di muka, ditambah biaya pengiriman dan komisi bagi orang yang membelinya di luar negeri.

Dengan membuka jasa kurir seperti ini tidak perlu modal untuk membeli barang, karena modal sudah disediakan oleh customer. Misalnya, Anda ingin pergi berlibur ke Korea Selatan. Anda dapat membagikannya di pos atau cerita Instagram. Nantinya, penggemar yang ingin membeli makeup Korea, snack atau album idola K-Pop favoritnya bisa menitipkan daftar belanjaannya kepada Anda dan membayar uang di muka. Di luar negeri, Anda dapat membeli produk yang mereka pesan dan mengirimkannya setelah Anda kembali ke Indonesia.

3. Menjual barang titipan orang

Bagi Anda yang memiliki banyak pengikut dapat menggunakannya untuk menjual. Apa yang Anda jual bisa produk Anda sendiri atau jika Anda tidak punya modal, Anda bisa menjual barang orang lain.

Misalnya, ada teman Anda yang membeli banyak album untuk bergabung dengan idola K-Pop favoritnya. Alih-alih memberikan album, akan lebih baik jika dijual kembali dengan harga lebih murah. Sistem toko online seperti ini biasanya terjadi antar teman. Pembayaran juga disepakati antara orang yang memesan dan orang yang menjual produk.

4. Menjual produk dengan sistem pre-order

Cara lain untuk membuat toko online tanpa modal yang bisa Anda coba adalah dengan menjual produk menggunakan sistem pre-order. Sistem pre-order ini sebenarnya sangat mirip dengan sistem layanan pengiriman online. Bedanya ada di pembayaran.

Toko online yang menjual produk pre-order biasanya mensyaratkan pembayaran di muka, baik full payment maupun deposit. Sistemnya seperti ini, Anda membuka pre-order untuk barang yang tidak resmi dijual, kemudian pembeli akan memesan dan melakukan pembayaran.

Biasanya pembayaran dibagi menjadi dua cara. Pertama, yaitu sistem titipan, dimana pembeli memberikan titipan setengah harga barang dan membayarnya ketika penjual telah membeli barang. Setelah pembayaran diselesaikan, penjual mengirimkan barang kepada pembeli.

Sistem pembayaran yang kedua adalah full payment, dimana pembeli harus membayar lunas sesuai harga yang ditentukan, kemudian penjual akan membeli barang yang dipesan dan mengirimkannya kepada pembeli.

Sistem ini terutama diterapkan oleh toko album KPop online. Biasanya, penggemar K-Pop melakukan pre-order untuk perilisan album. Mereka membayar uang muka dan membatalkannya saat album dirilis dan dibeli oleh penjual. Dengan sistem ini, kita bisa memperkirakan jumlah barang yang akan dibeli dan keuntungan yang kita peroleh.

Tips Sukses Berbisnis Buat Pemula Yang Baru Terjun

Tips Sukses Berbisnis Buat Pemula Yang Baru Terjun

Printnovembercalendar – Menjadi pengusaha selalu dimulai dengan perjuangan yang sulit. Tidak ada yang bisa mempersiapkan sepenuhnya untuk memulai bisnis mereka sendiri. Namun, kita harus bisa belajar dari orang lain yang lebih berpengalaman dalam menjalankan bisnis.

Berikut 7 hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai berbisnis

1. Ketahui bahwa bisnis adalah maraton

Banyak pengusaha fokus untuk mencapai kesuksesan di perusahaan yang didirikan dalam beberapa tahun. Tetapi hal-hal akan selalu berubah dari yang direncanakan, inilah hidup. Sebaliknya, fokuslah membangun bisnis jangka panjang yang baik. Kewirausahaan berarti lari maraton, bukan lari cepat.

2. Pastikan ada permintaan untuk produk atau layanan Anda

Kewirausahaan mengharuskan Anda untuk bekerja lebih keras dan belajar lebih banyak tentang diri Anda sendiri untuk mendapatkan imbalan yang menguntungkan di kemudian hari. Ketika semakin intens, Anda mungkin kehabisan uang dan Anda mungkin ingin berhenti. Ingatlah bahwa menjual mungkin tidak menyelesaikan semua masalah, tetapi Anda tidak dapat menyelesaikannya tanpa menjual.

Perusahaan yang sedang berkembang terus-menerus fokus pada keuntungan sehingga mereka dapat menahan kejadian tak terduga seperti penurunan ekonomi. Sebelum memulai bisnis, lakukan riset untuk memastikan ada pasar dan permintaan untuk produk atau layanan Anda. Setiap penjualan pasti menguntungkan. Dokumentasikan semuanya dan bangun sistem yang berfungsi dengan baik.

3. Bersabarlah dan pastikan Anda memiliki dana yang cukup

Siapa pun yang memulai bisnis baru harus sepenuhnya memahami perencanaan dan pendanaan yang dibutuhkan untuk bertahan dalam fase startup. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat pendapatan yang memungkinkan bisnis Anda berkembang.

Hampir setengah dari semua bisnis kecil yang gagal kekurangan dana. Rencanakan waktu yang lebih lama dari yang diharapkan untuk menghasilkan keuntungan dan pastikan Anda memiliki sumber keuangan cadangan.

4. Lupakan apa yang ingin Anda jual

Banyak pemilik bisnis yang begitu fokus pada pemasaran dan penjualan sehingga mereka lalai memahami apa yang ingin atau dicapai oleh pelanggan mereka. Perusahaan yang menguntungkan mengenal pelanggan mereka lebih baik daripada diri mereka sendiri. Mereka menjual nilai, dampak, dan hasil yang ingin dibeli pelanggan.

Dengarkan kritik dan saran dari konsumen sasaran. Tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan atau menyesuaikan apa yang Anda jual berdasarkan kebutuhan dan persyaratan mereka.

5. Gagal itu normal

Jangan hanya fokus pada bagaimana informasi dikumpulkan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan keunggulan adalah dengan benar-benar berlatih dan mengambil tindakan. Jadi, bangunlah dengan cepat, analisis hasilnya, dan buat penyesuaian jika perlu. Bisnis apa pun yang baru dimulai bisa gagal pertama kali, atau bahkan yang kedua atau ketiga kalinya.

Hindari beban berat. Cari cara untuk menghasilkan uang dengan cepat. Anda tidak bisa mendapat untung tanpa kerugian. Jika gagal, anggap sebagai umpan balik. Satu-satunya kegagalan adalah menyerah.

6. Harus fleksibel dan tidak kaku

Sekolah bisnis tidak memberikan pelajaran tentang bagaimana memulai bisnis. Dalam hal orang, ide, dan pasar, setiap orang harus fleksibel tidak peduli seberapa bagus rencana bisnisnya. Pelajaran pertama adalah meneliti mitra bisnis Anda. Pastikan mereka memiliki kepribadian yang tepat, stabil secara finansial, dan tersedia untuk waktu yang lama. Kedua, jangan memperumit model bisnis atau lini produk Anda. Rencana yang sederhana, dilakukan dengan baik dan elegan adalah yang terbaik. Ketiga, bersiaplah untuk berbalik dengan cepat sesuai dengan perubahan pasar dan kebutuhan. Kenali pelanggan Anda dengan baik dan dengarkan apa yang mereka katakan.

7. Dengarkan pelanggan Anda

Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah umpan balik pelanggan. Untuk mengembangkan bisnis Anda, segera temukan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan Anda. Jadi tawarkan dan pertama-tama jika tidak perlu dengan harga tinggi. Jelaskan tata letak terperinci dan akurat yang sangat penting untuk kepuasan pelanggan dengan produk atau layanan Anda.

Setelah produk Anda tepat di pasaran, mulailah berinovasi untuk berkembang. Ingatlah selalu bahwa pelanggan menentukan kesuksesan bisnis Anda, bukan rencana bisnisnya.

Sumber:

Maxmanroe

Alasan Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

Alasan Pentingnya Memiliki Website Untuk Bisnis

Printnovembercalendar – Dikala ini pelakon usaha memanglah terus menjadi bersaing ketat buat memperoleh posisi terbaik di hati warga, sehingga mereka rela melaksanakan apapun buat menggapai perihal tersebut. Salah satu usaha yang mereka jalani merupakan dengan melaksanakan promosi di bermacam media serta platform, memiliki website sendiri pula berakibat baik.

Semacam yang kita tahu kalau dikala ini media online memanglah lagi jadi incaran utama sebab memanglah warga dikala ini mempunyai kecenderungan pada internet. Sehingga warga berupaya mencari kebutuhan mereka lewat internet serta apalagi dikala ini pembelian produk secara online lagi sangat diminati.

Bersumber pada perihal tersebut hingga tidak terdapat salahnya apabila kamu menggunakan perihal tersebut selaku fasilitas buat mempromosikan bisnis kamu. Contohnya merupakan dengan membuat website bisnis kamu sendiri, nah postingan ini hendak mangulas sebagian alasan kokoh kenapa kamu wajib memiliki suatu website.

1. Selaku Kanal Dorongan Buat Customer

Alasan awal kenapa kamu butuh membuat suatu website buat bisnis kamu merupakan sebab website bisa difungsikan selaku kanal dorongan buat customer kamu. Website yang terbuat serta dikelola dengan baik pastinya hendak membagikan hasil yang optimal, contohnya saja membuat website selaku layanan customer yang siap melayani dalam 24 jam satu hari.

Pastinya perihal ini hendak sangat menolong kamu tingkatkan kredibilitas bisnis serta usaha kamu di mata customer. Sebab dengan kamu yang siap melayani sepanjang 24 jam hendak membuat customer yakin kalau bisnis kamu memanglah berdedikasi besar.

Tidak hanya itu pula bisa membuat customer puas sebab tidak butuh menunggu lama buat memperoleh reaksi serta dorongan. Jadi bisa dikatakan kalau website bisa jadi suatu investasi buat bisnis kamu.

2. Tingkatkan Awareness Brand Bisnis Anda

Alasan kedua mengapa bisnis wajib memiliki website yang pula tidak kalah berartinya merupakan pemahaman warga/ pasar hendak keberadaan bisnis kamu terus menjadi meningkat. Perihal ini sebab dikala ini warga cenderung mencari informasi data lewat internet sehingga jelas dengan terdapatnya website dengan strategi SEO dan jasa backlink terbaik yang solid hendak membuat warga lebih memahami lagi tentang usaha kamu. Serta terus menjadi populer usaha kamu hingga hendak terus menjadi besar pula peluang buat memperoleh customer.

3. Tingkatkan Energi Saing

Semacam yang sudah disinggung di atas kalau dikala ini persaingan hendak usaha serta bisnis memanglah sangatlah ketat. Buat itu supaya kamu senantiasa terletak di posisi terdepan jangan hingga kamu kalah saing dengan kompetitor lain yang berupaya menjatuhkan nama serta kredibilitas kamu. Dengan membuat website bisnis kamu hingga kamu hendak menaikkan energi saing kamu serta selaku penguatan tentang mutu usaha kamu.

4. Tingkatkan Tingkat Keyakinan Customer

Alasan selanjutnya dengan membuat suatu website bisnis hendak terus menjadi tingkatkan keyakinan warga hendak usaha kamu. Perihal ini sebab di masa digital ini warga hendak mencari seluruh tipe data lewat internet jadi sangat aneh rasanya apabila kamu tidak mempunyai suatu website. Dengan terdapatnya website dari usaha kamu hingga customer hendak lebih yakin hendak mutu serta kredibilitas dari usaha kamu, jadi mereka tidak hendak ragu lagi buat mempercayai kamu.

5. Selaku Sumber Data Terbaru

Jadi, dengan memiliki website, kamu dapat mengenalkan bermacam berbagai produk serta kebijakan baru cuma dengan mempostingnya di web website. Perihal ini pastinya hendak sangat menolong serta mempermudah kamu dalam penyebaran data kepada warga dengan lebih efisien.

Ini 5 Tips Investasi dengan Modal Minim Untung Besar

Ini 5 Tips Investasi dengan Modal Minim Untung Besar

Printnovembercalendar – Selain menabung, berinvestasi adalah cara lain untuk menghemat sumber daya yang Anda miliki. Ada banyak jenis investasi yang bisa ditemui saat ini. Namun, jika Anda tidak berhati-hati dalam berinvestasi, alih-alih keuntungan yang Anda peroleh, sebaliknya, Anda akan kehilangan banyak modal.

Bagi Anda yang sudah sering berinvestasi, mungkin akan lebih mudah untuk mengalaminya. Namun sebagai permulaan tentunya anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan tips investasi yang tepat agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar walaupun modal yang anda keluarkan kecil.

 

Tips investasi modal kecil tapi untung besar

Jadi bagaimana Anda menginvestasikan sejumlah kecil modal dan menghasilkan keuntungan besar? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti.

 

  1. Pilih alat yang tepat

Sebelum Anda mulai berinvestasi, Anda perlu memilih alat investasi yang sesuai dengan kebutuhan atau passion Anda, mulai dari investasi saham, reksa dana, deposito, emas, mata uang dan obligasi. Jika pilihan Anda tepat, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Jika Anda adalah orang yang menghindari risiko, maka reksa dana, deposito, dan obligasi adalah untuk Anda. Namun jika Anda termasuk orang yang berani mengambil risiko, maka Anda bisa memilih untuk berinvestasi di saham dan mata uang. Jika ingin lebih pasti, pilihlah untuk berinvestasi emas.

 

  1. Apa tujuan dari investasi tersebut?

Setelah Anda memutuskan kendaraan investasi, tip berikutnya adalah menentukan apa tujuan investasi Anda. Hal ini penting dilakukan sejak awal, agar tujuan investasi Anda dapat tercapai dengan lancar. Misalnya, Anda akan menggunakan uang tersebut untuk dana pensiun, untuk membeli rumah, atau untuk biaya pendidikan, ketahui bagaimana jika pin atm mandiri terblokir.

 

Jika Anda benar-benar memahami apa tujuan investasi Anda, Anda akan termotivasi untuk berinvestasi sampai Anda mencapainya. Setiap jenis investasi tentunya memiliki teknik dan alat investasi yang berbeda-beda. Tetapi dengan memahami tujuan Anda, Anda akan lebih mudah mengatasinya.

 

  1. Pilih istilah

Tips investasi selanjutnya adalah menentukan waktunya, apakah Anda ingin investasi jangka pendek atau jangka panjang. Jangka waktu untuk berinvestasi tergantung pada tujuan investasi yang ditentukan. Misalnya, jika Anda ingin berinvestasi di dana pensiun, sebaiknya pilih investasi jangka panjang dengan jangka waktu lebih dari lima tahun.

 

Sebaliknya, jika tujuan investasi adalah pendidikan, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun untuk mencukupi. Dengan mengetahui periode investasi, Anda akan siap untuk berinvestasi.

 

  1. Terapkan disiplin

Disiplin dalam segala hal benar-benar sesuatu yang perlu diperhatikan. Termasuk masalah investasi. Jika Anda ingin berinvestasi, lakukanlah dengan sepenuh hati, dengan cara yang konsisten dan disiplin, sehingga Anda dapat mencapai tujuan investasi Anda. Terlepas dari kondisi keuangan yang Anda hadapi, Anda tidak akan mudah menyerah untuk berinvestasi.

 

Dengan disiplin, Anda akan lebih semangat dan akan lebih mudah menyisihkan modal setiap bulannya. Jika Anda tetap konsisten dan disiplin, sepertinya Anda tidak akan mencapai batas waktu Anda.

 

  1. Pilih platform yang tepat

Era digital memudahkan orang untuk berinvestasi. Saat ini semakin banyak permintaan investasi yang beredar di masyarakat. Setiap platform dikeluarkan oleh bank, saham e-commerce. Pilih saja platform mana yang menurut Anda cocok dan mudah dilakukan.

 

Namun, Anda juga harus memperhatikan apakah platform tersebut aman atau tidak, yakni dengan mengecek daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika Anda merasa aman dan banyak ulasan positif, Anda bisa berinvestasi di sana.

 

Berinvestasi tidaklah sulit, asalkan ada niat, ketekunan dan tentunya ada uang. Bahkan berinvestasi tidak selalu dengan modal yang besar. Anda juga bisa memulainya dengan modal kecil, asalkan tahu cara mengelola investasi yang tepat, sehingga bisa meraup untung besar.

 

Itulah tips berinvestasi modal kecil dengan keuntungan besar. Semoga menambah keseruan dan jalan keluar yang mudah bagi anda yang tertarik untuk berinvestasi.