Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti

Manfaat dan Kelebihan Kayu Meranti

Printnovembercalendar – Kayu meranti merupakan jenis kayu yang paling populer dan komersial, terutama di Asia Tenggara. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan baku konstruksi bangunan dan sebagai bahan dasar furniture. Kayu meranti merupakan kayu keras yang memiliki bobot ringan hingga sedang.

Kayu ini dapat dikenali dari permukaannya yang berwarna merah muda pucat, coklat kemerahan, merah tua hingga coklat kemerahan tua. Warna ini menandakan umur kayu meranti, dimana semakin gelap warnanya maka semakin tua pula kualitasnya. Lalu apa saja manfaat dan kelebihannya untuk furniture Jepara? Mari kita lihat selanjutnya!

1. Mudah kering

Setiap kayu harus memiliki kadar air sendiri, begitu juga kayu Meranti dengan kerapatan 0,3 hingga 0,86 dengan kadar air 15%. Namun, kayu meranti masih merupakan jenis kayu yang mudah lepas karena kandungan airnya yang banyak.

Pengeringan kayu meranti dapat dilakukan secara alami di bawah sinar matahari atau dengan alat. Umumnya pengeringan kayu ini bertujuan untuk menjaga ukuran dan bentuk kayu agar tetap stabil.

2. Tahan lama

Berdasarkan ketahanannya, jenis meranti merah dapat diklasifikasikan sebagai kelas kuat II-IV (sampai 15 tahun), sedangkan keawetannya diklasifikasikan sebagai kelas III-IV (sampai 10 tahun). Ada 5 tingkatan klasifikasi kayu, semakin rendah tingkat kualitasnya maka semakin awet kayu dari suatu jenis kayu. Meranti redwood juga cukup mudah disimpan dengan menggunakan campuran solar dan creosote.

3. Strukturnya tangguh

Kayu meranti dapat disulap menjadi jenis kayu keras. Bentuk dan ukuran kayu meranti tidak mudah berubah. Kayu meranti juga tidak mudah mengembang atau mengerut akibat perubahan suhu.

Kayu ini cukup stabil, sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan pembuatan sketsa struktur bangunan dan konstruksi terutama rangka atap. Dengan penggunaan kayu meranti, rangka sebuah bangunan akan tahan lama.

4. Bahan furnitur

Karena kualitas kayu meranti yang mudah dibentuk, kayu meranti dapat digunakan sebagai berbagai macam furniture. Oleh karena itu, kayu meranti memiliki harga beli yang sangat tinggi karena manfaat yang diwujudkan dalam furnitur yang kita lihat sehari-hari.

5. Bahan konstruksi bangunan

Teksturnya yang keras dan tahan lama membuat kayu meranti ini menjadi salah satu jenis kayu yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan, seperti membuat balok plafon, lantai, railing tangga, pintu, jendela, bahkan keset lantai.

6. Peralatan pembuatan kertas

Kayu meranti sebenarnya merupakan bahan yang mudah untuk membuat kayu transformasi. Kayu yang diolah dari kayu meranti dapat digunakan untuk banyak hal, seperti papan partikel, port, dan veneer kayu lapis. Selain itu, kayu olahan dari kayu meranti ini cocok untuk pembuatan pulp kayu, bahan utama pembuatan kertas.

7. Kayu yang paling dekat dengan kesempurnaan

Mengapa kita bisa mengatakannya? Karena kayu meranti ini memiliki beberapa ciri, salah satunya adalah pohon kayu meranti yang memiliki bentuk batang bulat silindris, dengan tinggi total 40 hingga 50 meter.

Kulit kayu meranti rata atau berusuk dalam atau dangkal, berwarna keabu-abuan sampai coklat, memiliki batang lurus, diameter besar, bebas cabang, cacat simpul minimal di mana kayu meranti memiliki kemampuan memangkas: yaitu pelepasan cabang alami pohon yang mandiri. sehingga menjadi kayu yang kaya manfaat dan manfaat.

Ingat, Anda bisa menemukan berbagai furnitur kayu di PerabotMebel! PerabotMebel menjual stand TV, meja makan, lemari, meja belajar, dan kursi yang tersedia dalam berbagai desain dan ukuran. Selain furnitur, ada juga peralatan lainnya. PerabotMebel menjual peralatan dapur, kamar tidur, berkebun, pintu masjid, dll. Sangat lengkap bukan?

Bagi Anda yang sedang mencari hunian baru, Anda bisa mengunjungi halaman PerabotMebel. Ada banyak pilihan rumah atau apartemen untuk kebutuhan hunian Anda. Lokasinya juga tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek. Anda bisa menemukan rumah dijual di Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Bekasi.