Pendidikan

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Dioda Zener

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Dioda Zener

Printnovembercalendar – Dioda Zener dinamai menurut fisikawan Amerika Clarence Zener. Dia adalah orang pertama yang menggambarkan efek Zener pada tahun 1934 dalam studi teoretisnya yang hebat tentang sifat kerusakan isolator listrik. Karyanya kemudian membuahkan efek yang diimplementasikan oleh Bell Labs sebagai perangkat elektronik, yang sekarang dikenal sebagai perangkat yang disebut dioda Zener.

Clarence Zener lahir pada tahun 1903 di Indianapolis. Dalam banyak hal, dia tidak mungkin melanjutkan sebagai peneliti karena Zener memiliki masalah kegagapan dan tidak dapat membaca dengan baik sampai dia berusia 10 tahun. Namun, Zener mengembangkan kepercayaan diri untuk belajar sendiri dan berhasil masuk Universitas Stanford pada usia 16 tahun, lulus pada tahun 1926 sebelum pindah ke Harvard di mana dia mendapatkan gelar doktornya. fisika pada tahun 1929.

Setelah lulus, Zener menghabiskan waktu di Universitas Princeton dan di Inggris di Universitas Bristol, di mana dia mengeksplorasi bakatnya, yang mungkin paling berguna untuk diterapkan. Satu area di mana dia melihat dia dapat berkontribusi adalah interferensi bias balik dari dioda semikonduktor. Akhirnya, pada tahun 1934, Zener menulis artikel tentang kerusakan material listrik.

Pengertian Dioda Zener

Dioda zener adalah jenis dioda yang dirancang khusus untuk bekerja seperti dioda konvensional pada umumnya, namun perbedaannya adalah dioda zener saat ini juga memungkinkannya untuk mengalir kembali dengan andal ketika mencapai tegangan tembus balik tertentu, tegangan ini dikenal dengan nama Zener. ketegangan. .

Artinya, dioda Zener dapat menghentikan aliran arus melalui rangkaian hanya sampai tegangan tertentu. Misalnya, jika tegangan tembus balik dioda Zener adalah 10 V dan arus yang mengalir hanya 6 V, maka dioda Zener akan memblokir aliran arus. Namun, jika arus yang mengalir dalam rangkaian adalah 11 V, dioda Zener akan melewatkan arus.

Konstruksi dioda Zener juga berbeda dengan konstruksi dioda biasa. Dioda zener terbuat dari semikonduktor tipe-N dan P yang didoping dengan jumlah doping yang berbeda untuk mencapai tegangan tembus yang bervariasi. Dengan demikian, tingkat tegangan dioda Zener yang berbeda memiliki kemampuan tegangan yang berbeda. Singkatnya, dioda Zener dirancang untuk digunakan dalam mode bias terbalik, dengan tegangan tembus yang rendah dan stabil.

Fungsi Dioda Zener

Apa fungsi dioda zener yang bisa digunakan dua arah? Dengan demikian, dioda Zener dapat berfungsi sebagai pengatur tegangan, elemen referensi, sirkuit kliping, perlindungan sirkuit terhadap tegangan berlebih, dan navigasi aliran arus parsial dalam berbagai arah dalam suatu rangkaian.

Dioda zener banyak digunakan di semua jenis peralatan elektronik dan merupakan salah satu blok bangunan dasar sirkuit elektronik. Dioda zener digunakan untuk menghasilkan rel catu daya rendah yang stabil dari tegangan yang lebih tinggi dan untuk menyediakan tegangan referensi untuk rangkaian, terutama catu daya yang stabil. Dioda zener juga digunakan untuk melindungi sirkuit dari lonjakan daya, terutama pelepasan muatan listrik statis.

Cara Kerja Dioda Zener

Dioda zener bertindak seperti dioda konvensional saat bias maju. Namun, dioda Zener dirancang untuk memungkinkan arus mengalir dalam bias balik setelah tegangan balik sama dengan tegangan Zener yang diizinkan. Tidak seperti dioda penyearah biasa, yang tidak pernah dimaksudkan untuk beroperasi pada atau mendekati kerusakan, dioda Zener dirancang untuk beroperasi di wilayah kerusakan. Kerusakan dioda terjadi ketika Anda menerapkan tegangan bias balik melintasi dioda.

Dioda Zener yang beroperasi dalam keadaan rusak berfungsi sebagai pengatur tegangan yang mempertahankan tegangan hampir konstan, yang sama dengan tegangan Zener, melintasi terminalnya pada rentang nilai arus balik tertentu. Penurunan tegangan konstan pada dioda Zener yang disebabkan oleh kerusakan terbalik diwakili oleh simbol tegangan DC.

Referensi:

Kelas PLC

Tahapan, Hasil, dan Fungsi Pembelahan Mitosis

Tahapan, Hasil, dan Fungsi Pembelahan Mitosis

Printnovembercalendar – Tahukah Anda bahwa sel memiliki berbagai aktivitas layaknya makhluk hidup yang lain? Organisme terkecil ini memang memiliki banyak ragam aktivitas dalam menjalani kehidupannya. Sel melakukan respirasi untuk menjalankan berbagai fungsi kehidupannya, memperoleh makanan untuk kelangsungan hidup sel, dan bahkan organisme terkecil ini pun melakukan reproduksi.

Cara respirasi, memperoleh makanan, dan reproduksi pada sel tentunya memiliki perbedaan dengan jenis makhluk hidup yang lain. Terutama pada reproduksi, di mana organisme terkecil ini melakukan reproduksi dengan cara membelah dirinya sendiri. Pada proses pembelahan diri sel terbagi menjadi 2 jenis, yaitu mitosis dan meiosis.

Pembelahan mitosis merupakan proses reproduksi yang dilakukan sel dengan menggandakan kromosom yang terletak di dalam inti. Pada proses yang terjadi saat sel melakukan mitosis akan menghasilkan 2 sel anak yang akan memiliki keidentikan di anatara keduanya. Sementara, pada pembelahan meiosis merupakan proses reproduksi yang dilakukan sel yang dilakukan dengan membagi nukleus.

Pada proses meiosis ini akan berkurangnya jumlah set kromosom, sehingga enjadikannya setengah di dalam sel anak. Kali ini pembahasan yang akan dijabarkan ialah mengenai pembelahan sel mitosis. Di mulai dari tahapan yang terjadi pada sel ketika melakukan mitosis, sampai pada hasil dan fungsinya pada pembelahan sel mitosis. Berikut ini penjelasan secara lengkap yang terjadi pada pembelahan sel mitosis.

Tahapan Mitosis

Pada proses pembelahan sel mitosis akan mengalami 4 tahapan atau yang sering disebut juga sebagai fase dari proses reproduksi sel secara mitosis. Tahapan pertama yang terjadi pada sel ialah Profase, di mana akan terjadi hilangnya inti sel dan terjadi perapadatan pada serat-serat kromatin. Penggandaan kromosom pun terjadi membentuk 2 kromatid yang identik dengan sel indukan. Sentrosom dan Mikrotubulus yang termasuk di Gelondong Mitotik terbentuk.

Memasuki tahap Metafase yang berlangsul lebih lama yaitu kurang lebih 20 menit, akan terjadi proses pembelahan mitosis. Kromosom mulai bergerak ke arah Ekuator Sel atau Lempeng Metafase. Pada tahap kedua dari pembelahan sel mitosis ini akan terjadinya membran yang hilang sempurna dan benang-benang Gelondong akan sampai pada

Sentrometer Kromosom

Tahapan selanjutnya ialah memasuki proses Anafase yang tidak selama tahapan Metafase, hanya dalam hitungan menit yang singkat saja untuk melangsungkan tahapan ini. Kromatid-kromatid yang terbentuk mulai melepaskan diri dari kromosom. Pada tahapan Anafase ini Benang-benang Mitosis atau Serabut Konektor akan meraik setiap kromosom ke kutub. Pada akhirnya kedua ujung sel akan memiliki kromosom yang sama dan lengkap.

Telofase pada pembelahan sel mitosis menjadi tahapan terakhir. Pada tahap ini kromosom mulai lepas dan akan mulai terbentuknya 2 anakan di dalam sel. Akan terjadinya proses Sitokinesis pada tahap Telofase ini. Di mana setiap membran inti akan kembali bergabung dan meregangnya kromosom-kromosom, lalu terbentuklah 2 anakan yang memiliki keidentikan dengan induknya.

Hasil dan Fungsi Mitosis

Hasil yang terjadi pada pembelahan sel mitosis ialah 2 sel anakan yang memiliki keidentikan dengan induk sel. Sifat genetik yang identik menjadi sebuah warisan dan ciri khas dari pembelahan sel mitosis ini. Tidak terdapat variasi di dalam keidentikan yang dimiliki oleh 2 sel anakan dan induknya ini. Ternyata pembelahan sel mitosis ini memiliki fungsi, baik itu yang terjadi pada hewan, tumbuhan, dan juga manusia.
Pada hewan misalnya Bintang Laut yang melakukan pembelahan sel mitosis untuk melakukan regenerasi. Pada tumbuhan terjadi dalam pembagian jaringan meristem yang dapat menghasilkan pertumbuhan dan kelanjutan hidup tumbuhan. Pada manusia pun terjadi proses pembelahan mitosis, di dalam tubuh manusia terdapat jutaan sel yang dapat hilang dan berganti dengan sel baru untuk mempertahankan fungsi ketika suatu jaringan rusak.

Referensi:

Wartapoin

Kelebihan, Kekurangan, Manfaat Arus AC

Kelebihan, Kekurangan, Manfaat Arus AC

Printnovembercalendar – Arus listrik bolak-balik adalah jenis arus listrik yang tidak mengalir satu arah atau bisa dikatakan bolak-balik. Arus bolak-balik (alternating current) sendiri memiliki nilai dan arah yang selalu berubah dan akan membentuk gelombang yang disebut gelombang sinus. Arus listrik bolak-balik ini biasa disebut dengan frekuensi dan dimana amplitudo frekuensi ini juga bervariasi.

Arus listrik bolak-balik (bolak-balik) yang ditetapkan PLN memiliki frekuensi 50 Hz, sedangkan tegangan standar untuk arus bolak-balik satu fasa adalah 220 Volt. Misalnya, penggunaan arus listrik bolak-balik juga sangat penting.

Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah di mana saja dan hampir semua elektronik rumah tangga membutuhkan daya AC. Berikut adalah berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada pada arus listrik tipe AC (alternating current), yaitu :

Kelebihan Arus AC

Arus listrik jenis bolak-balik umumnya akan digunakan untuk menyalurkan listrik ke lokasi-lokasi terpencil. Karena arus bolak-balik memiliki kerugian yang lebih rendah daripada arus searah.
Arus yang disalurkan menggunakan tegangan tinggi dan telah dinaikkan dari trafo sehingga menjadi pilihan yang paling cocok untuk menyalurkan listrik ke lokasi-lokasi terpencil, sehingga berbeda dengan arus searah. Listrik AC sangat mudah didapatkan, hanya menggunakan genset, sedangkan DC sangat sulit.

Kekurangan Arus AC

Arus listrik bolak-balik tidak dapat disimpan dalam waktu lama, juga tidak dapat dialihkan untuk kebutuhan mendadak. Namun, tidak seperti arus searah, yang dapat Anda peroleh atau transfer dalam bentuk baterai atau baterai.

Cara Merubah Arus AC Menjadi DC

Nah, bagi Anda yang ingin mengubah arus listrik dari tipe AC ke DC, Anda bisa menggunakan komponen bantu berupa penyearah atau dioda penyearah. Tanpa bantuan penyearah, arus listrik yang keluar dari trafo (transformator) terlebih dahulu harus diturunkan menjadi 1 volt dan diperbaiki.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa perubahan arus AC dan DC tidak diperoleh dari kecilnya tegangan yang dihasilkan. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan penyearah untuk dapat mengubah arus listrik.

Contoh Pemanfaatan Arus Listrik AC

Contoh penggunaan atau penggunaan arus listrik bolak-balik sebenarnya sangat mudah ditemukan atau diamati. Namun untuk memudahkan Anda memahaminya, Anda bisa memperhatikan semua elemen elektronik yang ada di dalam rumah.

Sebagai salah satu pengaman listrik AC di rumah Anda, PLN telah menggunakan sekat yang berguna sebagai alat pengaman yang disebut MCB atau Miniature Circuit Breaker. Padahal pada dasarnya semua perangkat elektronik yang Anda lihat dan ketahui tidak menggunakan listrik arus bolak-balik (AC).

Sumber:

www.kelaselektronika.com

Bagaimana Caranya Dapat Bekerja di Luar Negeri

Bagaimana Caranya Dapat Bekerja di Luar Negeri

Printnovembercalendar – Bekerja di luar negeri saat ini tidak serumit tahun-tahun sebelumnya. Dengan bantuan internet dan lowongan kerja digital, platform informasi dapat memudahkan Anda mencari pekerjaan di dalam dan luar negeri. Jika Anda ingin bekerja di luar negeri tetapi tidak ingin tinggal di dalam negeri, Anda termasuk dalam kategori ekspatriat. Biasanya, seseorang yang bekerja di luar negeri hanya sementara atau sebagai profesional atau spesialis disebut ekspatriat.

 

Anda harus menunjukkan atau memiliki dokumen izin tinggal sementara yang dikeluarkan oleh petugas imigrasi. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara tersebut. Visa yang dikeluarkan negara juga merupakan visa khusus, kecuali TKI atau TKW.

 

Lalu bagaimana cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri? berikut adalah tips untuk siapa saja yang ingin memulai karir di luar negeri dan cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri!

 

Cara mendapatkan pekerjaan di luar negeri

Program kerja liburan

Bekerja di luar negeri saat ini bukanlah keharusan untuk melarikan diri dari negara asal karena kekurangan pekerjaan atau untuk menghindari masalah. Menurut organisasi asing di dunia, bekerja di luar negeri telah menjadi gaya hidup. Biasanya, seseorang dengan pekerjaan sementara pergi berlibur ke luar negeri. Tentu saja, Anda perlu memiliki visa kerja untuk ini, tetapi visa yang dikeluarkan berbeda dengan visa untuk pekerja migran dan pekerja migran.

 

Tentunya untuk mendapatkan pekerjaan ada prasyarat yang harus Anda penuhi dan ikuti, seperti lulus uji kompetensi bahasa Inggris.

 

melalui perusahaan

Cara ini merupakan cara yang aman jika Anda ingin bekerja di luar negeri, karena ada perusahaan yang akan membantu kepindahan Anda. Cara ini juga aman karena perusahaan menjamin selama Anda bekerja di luar negeri. Anda bisa melamar atau melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan.

https://www.teknogoo.com/keuangan/indonesia-dan-malaysia-mengiklankan-hak-terbesar-mereka-dalam-transaksi-pekerja-migran-baru/

 

 Melalui program magang

Jika Anda berusia di bawah 30 tahun, Anda dapat mengikuti program magang di negara lain. Anda dapat memeriksa program magang di situs web resmi untuk lowongan di luar negeri. Biasanya ada beberapa perusahaan di luar negeri yang mempekerjakan karyawan asing di perusahaan tersebut. Ada juga yang menerapkan program pertukaran karyawan untuk bekerja di perusahaan.

 

Tips bekerja di luar negeri

Pahami negara tujuan

Bekerja atau tinggal sementara di negara lain tidaklah mudah, perbedaan bahasa dan budaya menjadi kendala terbesar. Sebelum mulai bekerja di luar negeri, Anda perlu memahami budaya negara tersebut. Jadi Anda tidak mengalami banyak kejutan budaya ketika Anda sampai di sana. Lakukan sedikit riset tentang daerah tempat Anda tinggal atau kota yang ingin Anda kunjungi.

 

Selain itu, Anda juga melakukan riset terhadap perusahaan yang Anda targetkan. Pahami di perusahaan seperti apa Anda akan bekerja nantinya, bagaimana budaya kerja yang diterapkan di perusahaan tersebut.

 

Lihat papan pekerjaan online di luar negeri

Anda juga harus memantau dengan cermat berbagai situs web yang menyediakan informasi tentang peluang kerja di luar negeri. Pastikan situs tersebut adalah situs resmi dan terpercaya agar Anda tidak tertipu. Saat ini sudah banyak website yang memberikan informasi tentang lowongan kerja di luar negeri, anda bisa dengan mudah mengunjungi website tersebut dan mencari pekerjaan yang tepat untuk anda.

 

Jika Anda sedang dalam tahap pendekatan dengan perusahaan, Anda harus aktif di jejaring sosial. Selain aktif di LinkedIn atau media sosial lainnya, Anda dapat melihat jenis perusahaan apa yang akan Anda kerjakan dan siapa yang bekerja untuk perusahaan tersebut.

 

Memperdalam keterampilan dan mempersiapkan mental

Persiapkan baik-baik! Ketika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri, Anda harus memiliki kepercayaan diri dan memahami keterampilan Anda. Bekerja di negara yang berbeda harus memiliki budaya kerja yang berbeda, terutama jika Anda adalah orang asing bagi mereka. Perdalam ambang Anda sehingga Anda dapat mengikuti alur kerja perusahaan. Anda juga harus siap secara mental.

 

Bekerja di luar negeri tentunya akan menghadirkan tantangan atau tekanan kerja yang berbeda. Bukan hanya dari tempat Anda bekerja, nantinya akan ada tekanan dari lingkungan tempat Anda tinggal atau berinteraksi. Perbedaan budaya akan menjadi tantangan dan tekanan bagi Anda. Jadi Anda perlu memahami dan mempersiapkannya dengan baik.

 

 Dokumen Lengkap

Mempersiapkan dokumen untuk pergi ke luar negeri sangat penting untuk diperhatikan. Anda harus mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan jika Anda akan bekerja di luar negeri. Setiap negara memiliki aturan yang berbeda dan ketat. Jadi pastikan bahwa dokumen yang diperlukan disiapkan dengan benar.

 

punya sponsor

Bekerja di luar negeri Anda harus memiliki sponsor atau penjamin untuk dapat bekerja dan menetap sementara di luar negeri. Sponsor dapat berupa perusahaan yang memberi Anda pekerjaan atau seseorang yang ingin bertanggung jawab sebagai penjamin selama Anda bekerja dan tinggal di negara tersebut.

 

menyiapkan biaya

Jadi Anda perlu mempersiapkan biaya untuk bisa bekerja di luar negeri. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu mencari tahu seperti apa tempat Anda nantinya. Oleh karena itu, Anda juga harus menghitung biaya yang dikeluarkan jika Anda memutuskan untuk bekerja di luar negeri.

 

Ini menyangkut biaya seperti perumahan, pembayaran bulanan dan biaya tak terduga lainnya. Anda juga perlu menyiapkan uang untuk mengurus paspor dan visa yang Anda perlukan untuk bekerja.

Pengertian dan Manfaat Air Laut

Pengertian dan Manfaat Air Laut

Printnovembercalendar – Air laut adalah air yang berasal dari laut atau samudra, air laut memiliki salinitas rata-rata 3,5%. Artinya 1 liter (1000 ml) air laut mengandung 35 gram garam (sebagian besar, tapi tidak semua, garam meja/NaCl). Meskipun sebagian besar air laut dunia memiliki salinitas sekitar 3,5%, salinitas air laut juga bervariasi.

 

Yang paling segar berada di Teluk Finlandia bagian timur dan bagian utara Teluk Bothnia, yang keduanya merupakan bagian dari Laut Baltik. Dan yang paling asin ada di Laut Merah, di mana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas mengakibatkan penguapan tinggi dan pasokan air dari sungai rendah. Salinitas di beberapa danau bahkan bisa lebih tinggi.

 

Air laut memiliki salinitas karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang ditemukan di bebatuan dan tanah. Contoh: natrium, kalium, kalsium dan lain-lain. Ketika air sungai mengalir ke laut, ia membawa garam bersamanya. Ombak laut yang menghantam pantai juga bisa menghasilkan garam yang terdapat di bebatuan. Air laut lama kelamaan menjadi asin karena banyak mengandung garam, air tawar lebih ringan dari garam.

 

Untuk mengekstrak air tawar dari air laut, seseorang dapat menggunakan reverse osmosis, suatu proses di mana air laut disaring dengan menggunakan tekanan untuk mengalir melalui membran filter. Sistem ini disebut SWRO (seawater reverse osmosis) dan sering digunakan di kapal atau di pabrik air murni di pantai dengan bahan baku air laut.

 

Manfaat air laut

Air laut bagi manusia dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk hal-hal sebagai berikut, antara lain:

 

Laut sebagai alat transportasi dan transportasi

Laut dapat digunakan sebagai jalur untuk mengangkut kapal dari satu pulau ke pulau lain, sehingga arus barang dan transportasi orang dapat berlangsung dengan cukup baik. Selain itu, akan ada hubungan timbal balik antara satu negara dengan negara lain, baik itu sosial, ekonomi, politik atau lainnya.

 

Laut sebagai sumber energi

Arus laut dapat mengurangi tenaga perahu karena perahu dapat meluncur mengikuti arus laut tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Selain itu, gerakan pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Baca juga cara menggunakan labu erlenmeyer

 

Laut sebagai daerah penangkapan ikan

Sumber daya hewan dari laut dapat memberikan kehidupan bagi penduduknya. Sumber daya hewani meliputi berbagai jenis ikan, krustasea, kepiting, udang, mutiara dan lain-lain. Hasil ikan di Indonesia per tahun adalah ± 1,7 ton. Jenis ikan yang ditangkap antara lain tuna, mackerel, paus kecil dan tuna. Untuk penangkapan ikan di laut berada di Dengkan Sahul, Paparan Sunda, Laut Jawa, Selat Bali dan Selat Malaka. Daerah penangkapan ikan terbesar di Indonesia ada di daerah Kapaniapi, Riau.

 

Laut sebagai lahan pertanian

Budidaya laut dapat dilakukan dengan memanfaatkan naik turun untuk sawah (sawah pasang surut), misalnya: di Sungai Musi sampai Sungai Rokan. Selain itu budidaya rumput laut dapat dilakukan di wilayah laut dangkal seperti Sumba dan Maluku, hasilnya dapat digunakan untuk memproduksi gelatin.

 

Laut sebagai rekreasi/pariwisata

Kawasan laut dengan relief pantainya yang sangat indah banyak dikunjungi wisatawan. Objek wisata bahari yang terkenal di Indonesia adalah Pantai Pangandaran (Jawa Barat), Maluku. Banda Zee, Parangtritis (Yogyakarta), Ancol (Jakarta) dan lain-lain.

 

Laut sebagai tempat pertahanan dan keamanan

Pemanfaatan laut sebagai tempat pertahanan dan keamanan, terutama bagi negara yang dikelilingi lautan atau negara yang bersifat maritim.

 

Laut sebagai sumber minyak

Ada banyak sumur minyak di bawah dasar laut. Sumur minyak lepas pantai terletak di Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi dan Laut Jawa. Pengeboran minyak dari pemboran bawah laut menggunakan sistem bawah laut, yaitu dengan peralatan konstruksi terapung yang ditambatkan secara vertikal dengan guy lines yang dapat menahan seluruh struktur pada tempatnya.

 

Laut sebagai pengatur iklim

Perbedaan sifat air laut dan sifat fisik daratan dapat menyebabkan terjadinya pergerakan udara (angin). Uap air laut terbawa angin dan dapat mendinginkan atau menghangatkan tempat yang dilaluinya sehingga menimbulkan hujan.